HIDUP DARI KARYA

Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman baik gw bilang,” Enak banget ya lo dan Andra (istri) bisa mengerjakan hal-hal yang lo suka dan hidup dari situ. Ngga banyak loh yang bisa kaya kalian”. Di lain kesempatan salah satu klien saya juga pernah nyeletuk berkata,” Enak yaa mas Abenk sehari-hari kerjanya sesuai passion”. Jujur gw merasa sangat bersyukur atas kenyataan bahwa gw bisa “sibuk” sesuai passion. Memang sudah menjadi salah satu impian gw untuk “Bisa Hidup dari Karya”. Dan sekarang, walaupun baru sekian persen dari tujuan, gw sudah merasakan kebahagiaan yang luar biasa dan bersyukur kepada Yang Maha Pencipta. 

Balik ke cerita tentang teman gw yang berkata demikian, di saat yang sama gw pun membalas pernyataannya dengan mengatakan, “Ya… ngga banyak juga orang-orang yang berani ambil resiko untuk hidup kaya gw dan Andra”. Dan ia pun menjawab, “Iya juga sih..”. Mungkin sebagian orang masih hanya melihat kehidupan dari orang- orang yang berprofesi sesuai passion itu sangat menyenangkan, which is true. Tapi jangan hanya melihat sisi senangnya saja. Jangan lupa bahwa hidup sesuai passion itu butuh kerja keras, dan yang paling utama adalah sebuah keberanian. Keberanian atas apa? Atas ketidakpastian (karir, finansial, dll), atas penilaian orang-orang terdekat dan disekitar yang mungkin akan melihat lo sebelah mata pada saat memulai, dan yang paling utama buat gw adalah keberanian untuk terus percaya. Percaya terhadap mimpi, terhadap apa yang lo mau, dan terutama terhadap diri sendiri. 

Gw pribadi adalah orang yang percaya bahwa setiap orang itu bisa hidup dari potensi yang telah diberikan Maha Pencipta, dan gw melihat “diri gw sendiri” sebagai studi kasus untuk gw sendiri, untuk membuktikan bahwa hal yang gw percaya, which “seseorang bisa hidup dari potensi dan karya” adalah sebuah yang nyata dan bisa untuk dilakukan. Terdengar naïf memang, tapi gw yakin bisa. Gampang? Ya nggalah. Bisa? Bisa banget! Tapi inget ga ada yang instan, butuh proses, butuh kerja keras, butuh keberanian dan kepercayaan yang sangat besar.

A/A

No comments :

Post a Comment