SENANG ATAU TIDAK?

Thursday, February 26, 2015

Pertanyaan yang sederhana, tapi sangat penting.

Pertanyaan di atas akan memberikan jawaban yang mengarah kepada passion kita. Definisi passion menurut Rene Suhardono (penulis dan pembicara publik), passion bukan sesuatu yang kita mahir melakukannya tapi kita senang saat melakukannya. Definisi ‘senang’ menurut saya adalah saat kita melakukan sesuatu ngga pakai mikir, mengerjakannya sampai lupa waktu dan paling penting bisa bikin senyum :) 

‘Senang’ itu juga ada levelnya. 

Pertama, senang;
Kedua, senang banget;
Ketiga, senang banget-bangetan;
Yang paling keren versi saya adalah ‘senang gila’! 

Hahaha.. Keempat definisi di atas adalah versi asbun (baca: asal bunyi) saya. 

Intinya, kadang-kadang kita mikir senang melakukan sesuatu tapi senang aja ternyata ngga cukup. Kita harus memastikan bahwa harus benar-benar senang (banyak “harus”-nya yes hahaha.) ‘Senang’ itu datang dari ‘suka’. 

Contoh untuk para laki-laki yang suka dengan mobil atau otomotif. Nah, kira-kira apa yang membuat kalian suka mobil? Misalnya dengan audio system-nya, tapi audio system itu kan banyak tuh perintilannya. Bagian apa yang kalian paling suka dari sebuah audio system? Kenapa, kenapa dan kenapa? Intinya semakin detail kalian mengetahui tentang hal-hal yang kalian suka atau senangi, ‘kesukaan’ kalian akan sesuatu juga akan semakin baik – karena apa yang kalian pikir kalian sukai, belum tentu benar-benar kalian suka dan boro-boro merasa ‘senang’. 

Contoh lagi nih buat cewek yang misalnya suka dengan makeup.. Kalau jawabannya hanya makeup aja berarti standar banget (kalo Alodita baca ini gue bisa ditoyor!). Makeup kan bermacam-macam. Ada lipstick, eyeliner, bedak, gincu *mulai ngasal* dan masih banyak lagi. Tapi, apa yang kalian paling suka? Kalo kalian suka menulis, bikin review-nya. Kalo kalian suka dengan YouTube, bikin video reviewnya. Kalo kalian suka bergosip, ceritain deh tuh sambil gaya ngegosip daripada ngomongin orang lain, ya ngga? Mending ngomongin lipstick aja kayak Alodita. Hahaha. 

Intinya, sesuatu yang benar-benar kalian suka dan bikin kalian senang. 

Namanya aja ‘senang’, berarti cuma diri kita yang bisa mengukur dan ngerasain sendiri dari pengalaman yang telah dilewati – mulai dari coba sana-sini, salah milih, ikut-ikutan dan sebagainya. Memang untuk mencari passion itu butuh proses. Ada yang cepet tapi ada juga yang lama, ada yang saat muda sudah tau apa passion-nya, tapi ada yang mungkin baru sadar pas sudah berumur. 

Ngga apa-apa, yang penting adalah kemauan untuk tidak berhenti dan terus mencari. Ngga ada yang terlambat. Cepat atau ngganya tau tentang passion kita itu tergantung dari usaha, doa, lingkungan dan takdir juga kali ya? Hahaha

Image from Pinterest

Jangan pernah nyerah untuk cari tau apa yang kalian bener-bener sukai dan senangi. Karena saat kalian bekerja karena ‘senang’, itu rasanya luar biasa. Doing what you love and get paid. The best thing ever. Bukan sebatas itu aja sih.. Uang, profesi, karir, profit, bisnis yang sukses, bla bla bla.. tapi saya percaya setiap orang punya perannya di dunia, setiap manusia punya alasan penciptaan, dan saya percaya bahwa hidup setiap hari dengan mengerjakan aktifitas sesuai passion adalah salah satu cara kita untuk mengetahui sedikit dari “rahasia” di atas :) 

Saya?

Saya juga masih berjuang melakukan yang saya suka dan terus mencari yang bener-bener menyenangkan. Tulisan ini saya jadikan pengingat dan pemicu saya, untuk selalu menikmati dan pantang menyerah untuk melakukan apa yang saya percaya serta bahagia dalam menjalani prosesnya. Impian saya adalah untuk bisa hidup dari karya. Berdaya sebagai manusia :) 

Suatu hari jika saya punya anak, sedini mungkin setiap ia selesai melakukan kegiatan saya akan tanya, “senang atau tidak?” 

Supaya ngga ‘telat’ kayak bapaknya :D 

@AbenkAlter

No Comments

Post a Comment

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes