Mencuri Ilmu

Monday, November 17, 2014

Ada banyak hal yang harus saya syukuri dalam beberapa waktu belakangan ini. 

Salah satunya karena kolaborasi saya bersama Gamila akhirnya direlease juga, dan ternyata Alhamdulillah cukup banyak yang suka dan kasih feedback bagus. Hal-hal seperti ini yang terus menjadi semangat dan menyadarkan saya bahwa sampai kapanpun saya tidak akan pernah berhenti berkarya, titik. You know, it feels good to make people feels goo. That simple :) 

Seneng banget bisa bekerja sama dengan Gamila, menulis lagu yang relatif menurut saya cocok dengan karakter dirinya sebagai seorang penyanyi wanita. Cocok dari sisi musik maupun konten. Untuk musik saya berterimakasih banyak kepada Rifka Rachman yang mampu menangkap feel dari lagu tersebut dan mengekspresikannya tepat dalam aransemen musik :) 

Untuk konten saya justru berterimakasih kepada Gamila karena dalam proses penulisan lagu, cukup banyak sesi “ngobrol” terutama via Whatsapp yang kemudian hasilnya sangat membuka pemikiran dan membawa saya pada satu tahapan paradgima baru dalam berkarya. “Terlarut” sedikit banyak adalah adaptasi awal saya pada pemikiran dan paradgima baru tersebut. 

Sebagai pelaku industri kreatif, bagi saya kesempatan untuk bekerjasama dengan seniman/orang lain adalah kesempatan untuk “mencuri ilmu”. Ilmu dalam konteks pemikiran, pandangan, attitude, maupun hal yang bersifat teknis. Selama beberapa tahun berkarir sebagai seniman, baik itu dalam dunia musik ataupun visual, saya menyadari satu hal “Collaboration is a medium of knowledge transfer”. Pandangan ini yang membuat saya setiap kali akan bekerjasama ataupun berkolabrasi dengan orang lain, berkata dalam hati “Okay, akan dapet ilmu apa gw”. Ilmu tidak selalu yang bersifat hard skills/teknis, namun bagi saya yang lebih bermanfaat justru soft skills yang mempengaruhi pemikiran, attitude dan spirit berkarya. 

Sebelum lebih lanjut mau cerita sedikit tentang proses penulisan lagu saya hingga akhirnya “Terlarut” dipilih Gamila. ada tiga lagu yang saya coba tulis untuk Gamila, “Terlarut” adalah yang terakhir. Saya ingat komentar Gamila setelah mendengar satu dari beberapa lagu yang saya tulis, “Lagunya enak, cuman kayanya bukan gw. Gw ngga bisa ngebayangin diri gw nyanyi lagu itu” Dalam bayangan saya, lagu ini akan enak, cocok dinyanyiin Gamila dan relatif jadi lagu yang akan bisa diputer di radio. Tapi komentar Gamila sangat-sangat membuka pemikiran saya. Bahwa berkarya itu bukan cuman sekedar bagus, enak, didengar, akan “hits”, keren, dan sebagainya. Komentar Gamila menyadarkan dan mengngatkan saya bahwa dalam berkarya, berkesenian, sebuah karya ataupun produk seni idealnya memiliki value/nilai. Those values define who you are as an artist. And when people could feel and project those values, i think that is what makes a good art

Yang jelas apapun itu, nilai-nilai dalam karya tersebut haruslah bisa relate dan berhubungan dengan diri sang seniman. Karya yang merefleksikan sang seniman. Masih jauh dari standart pemikiran saya sendiri, tapi paling ngga saya merasa jadi punya acuan untuk bisa terus berkembang tumbuh dan bereksplorasi sebagai pelaku seni. 

 "I Never think about being cool" – Pharrell Williams 

Kira-kira begitu perkataan seorang Creative Force Pharrell Williams *lupa juga denger dan baca dimana :D* Jadi seorang seniman bukan untuk keren-kerenan, tapi tentang bagaimana mengekspresikan diri dalam bentuk karya yang sesuai dengan diri kita sebaik-baiknya. Semalam juga saya menyaksikan acara The Voice dimana Pharrell Williams berkomentar kepada salah seorang penyanyi, "You shouldn’t sing about what other feels, you sing about how you feel". Dalam konteks ini, jelas Gamila sebagai pelaku seni juga sudah memiliki acuan nilai-nilai dalam berkarya saat dirinya berkomentar seperti itu pada salah satu lagu yang saya tulis, dan itu yang membuat saya semakin bangga karena telah bekerja sama dengan seorang yang bukan cuma penyanyi, tapi seorang seniman. 

Sejak 1 November kemarin, kalian bisa mendengarkan dan juga mengunduh lagu #Terlarut pada situs Gamila di www.gamilaarief.com GRATIS! Silahkan diunduh, didengar dan disebarkan. Ditunggu ya komen kalian tentang lagu #Terlarut : ) 

 Saya senang berkolaborasi! 

No Comments

Post a Comment

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes