Setahun Yang Lalu

Saturday, September 20, 2014

Setahun yang lalu tepat hari ini tanggal 20 September 2013 untuk pertama kalinya saya tampil sebagai Abenk Alter, di sebuah event bernama Jazzy Nite yang diadakan di Cilandak Town Square. Debut Performance saya membawakan lagu-lagu dari Hall & Oates, duo favorite saya. Sederhana, saya suka lagu dan musik mereka. Bisa dibilang mereka salah satu referensi saya dalam bermusik. Kalau kalian suka juga, pasti sepakat lagu dan musik  mereka catchy, menyenangkan dan liriknya tak jarang nyeleneh.

 photo HallOatesSeries_low_zps820c30e1.jpg
"From Hall to Oates" - Illustration by Abenk Alter


Masih jelas saat-saat saya ragu bahkan takut untuk mengambil kesempatan  dan tantangan tersebut, bahkan sampai sebelum naik ke atas panggung pun degup jantung yang tak beraturan  masih membuat  saya tersenyum sendiri , mengingat malam itu bukanlah performa terbaik saya karena tegang-nya nggak karuan, tapi saya sangat lega  telah melewatinya..

Semenjak debut performance, menjadi titik mulai saya untuk tampil sebagai Abenk Alter dari satu event ke event lain,  acara kampus, charity, wedding, masih bisa dihitung dengan jari memang, tapi dari beberapa kesempatan tersebut saya belajar banyak dan dapet keseruan baru. Bertemu, berbagi pengalaman bermusik dan bertukar fikiran dengan orang-orang yang relatif baru dalam karir saya.

Setelah debut performance, banyak kejadian yang jujur saya tidak menyangka akan benar-benar melewatinya. Salah satunya adalah meninggalkan soulvibe, band dimana saya tergabung di dalamnya selama 8 tahun. Salah duanya adalah sebuah kesempatan yang akhirnya membawa saya untuk dapat merekam lagu-lagu saya dan sekarang Alhamdulillah sudah masuk ke dalam proses mixing dan mastering.


 photo AA4copy_zpsd53f0de4.jpg
"Debut Performance" - Illustration by Abenk Alter






Single saya berjudul “Lain Waktu” yang direlease tanggal 20 Juni 2014 juga cukup dapat feedback yang baik : ) terimakasih untuk semua yang telah meng-apresiasi dan mendukung, Terimakasih untuk semua kemudahan yang diberikan, semuanya berjalan dengan cara yang misterius dan tidak disangka-sangka. Lumayan sering down karena cukup banyak cobaan dan hambatan tapi dengan semua yang telah dilewati, semakin percaya bahwa terlalu banyak kemudahan dibandingkan kesulitan yang harus disyukuri.

Bener-bener semua yang terjadi selama setahun ini terutama yang berkaitan dengan proyek Abenk Alter memberi  bukti  yang semakin membuat saya percaya bahwa kita ngga perlu terlalu khawatir akan bagaimana caranya meraih impian .

Memang membuat rencana perlu sih, tapi terkadang manusia itu sering terlalu arogan, dengan memiliki pemikiran kalo rencana matang pasti akan terwujud, seolah-olah semua akan berjalan sesuai dengan rencana. Menyiapkan rencana sedemikan rupa sampai terbuai dengan mimpi dan lupa untuk beraksi, atau rencana sudah dibuat matang, kemudian di tengah jalan gagal dan kecewa karena tidak sesuai. Seakan lupa bahwa ada kekuatan yang jauh lebih tinggi di atas kita yang memiliki kekuasaan untuk menentukan segala sesuatu.

Saya menemukan bahwa yang penting setelah menentukan impian sebenarnya adalah berani untuk mulai beraksi melakukan sesuatu yang sederhana, memulai dari titik dimana kita bisa melakukannya, dari apa yang kita punya. Dan yang paling penting adalah untuk melakukannya SEKARANG. Ajaib memang, tapi kenyataannya alam pasti membantu : )

Kemarin tanggal 13 saya diminta untuk mengisi acara di JUNK YARD sebuah café/bar dibilangan Senopati. Pada kesempatan ini saya diminta untuk membawakan lagi lagu-lagu dari Hall&Oates tapi dalam format yang lebih sederhana yaitu akustik. Salah satu hal baru yang sedang sering saya temui dan rasakan adalah keharusan dan ketertarikan saya dalam memainkan sebuah instrument sambil bernyanyi.

Keharusan karena sering kali saya diminta untuk menyanyikan lagu saya sendiri dalam sebuah interview media. Ketertarikan karena memang sejak lama saya ingin mencoba untuk bernyanyi sambil memainkan sebuah instumen musik. Jujur, saya tidak tau chord :D Tapi bermodalkan banyak bertanya terutama kepada sahabat saya Tri Junior yang juga sering kali membantu dalam berbagai kesempatan sangat membantu saya untuk bisa mulai nyaman dan percaya diri bermain gitar sambil bernyanyi.


 photo abenk-IMG_6627copy_zps2235f3ff.jpg
Photo by Alodita

Di tanggal 13 tersebut merupakan kesempatan pertama saya untuk bernyanyi sambil memainkan sebuah alat lain, yaitu synthesizer Micro Korg yang telah cukup lama saya beli. Lagi-lagi saya tidak tau chord tapi bermodalkan insting, saya mulai berlatih dan mencari celah dimana saya bisa mengisi dan ambil bagian menggunakan suara-suara dari Micro Korg. Sok tau memang, bener-bener “Fake it till you make it” :D Well, memang masih kurang banget, salah-salah pencet sih ngga jarang, cuman gatau kenapa saya happy banget dan lagi-lagi menikmati prosesnya.


Setahun ini yang saya cukup sadari adalah dalam proses Abenk Alter maupun kehidupan pribadi, memaksa saya untuk merasakan dan belajar hal-hal baru. Pasang surut semangat, cobaan dan tantangan yang terus berdatangan, seakan mengingatkan saya untuk terus bersyukur karena semuanya hanya akan membuat saya menjadi pribadi  yang lebih baik.

Don’t say No say Yes, ask How?

Dengan berani melakukan hal-hal baru yang di luar kebiasaan, kita tumbuh dan belajar. Apa jadinya jika tanggal 20 September, setahun yang lalu saya memutuskan untuk tidak memberanikan diri mengambil tantangan debut performace di Jazzy Nite Citos? Mungkin tulisan ini ngga akan pernah ada : )

Bener-bener setahun yang  memaksa saya untuk keluar dari zona nyaman.

 photo AbenkAlterampTheAlter_zps22cccdad.jpg
Ki-Ka : Dimas Joy, Tri Junior, Dewita Ratih, Kevin Anggoro

























Dengan tulisan ini saya juga ingin mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang telah mendukung dan mengapresiasi karya saya, khususnya kepada Tri Junior, Kevin Anggoro, Dimas Joy, Dewita Ratih dan Dhana Baros, tanpa mereka mungkin tidak pernah akan ada  debut performance Abenk Alter.

Abenk Alter

FIND ME HERE:
INSTAGRAM | TWITTER | SOUNDCLOUD | ITUNES 
E-MAIL: ABENK.ALTER@GMAIL.COM

No Comments

Post a Comment

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes