Cermin Inspirasi

Tuesday, August 12, 2014

Sebut satu nama orang yang jadi inspirasi atau idola kalian? 

Susah ya, pasti lebih dari satu sama kaya saya. Kalo kalian mau jawab Ibu itu udah ngga usah diperdebatkan lagi :D Ibu kita adalah inspirasi dalam menjalani kehidupan. 

Orang atau figur yang saya sedang bicarakan adalah orang-orang disekitar yang kita kenal maupun tidak, apakah itu temen, sahabat, pacar, guru atau tokoh maupun public figure yang membuat kalian ingin menjadi orang yang lebih baik lagi. Mereka punya bakat kemampuan, pemikiran, dan yang paling penting kemauan untuk berjuang secara konsisten dan semangat untuk berusaha yang besar sehingga membuat mereka mencapai titik yang mampu membuat kita terinspirasi. 

Tapi bagi saya ada prinsip-prinsip yang lebih esensial yang jadi kesamaan dan dimiliki oleh setiap figure inspirasi saya. Mereka berani bermimpi besar, mereka berani untuk menjadi diri sendiri alias menjadi berbeda dari kebanyakan orang dan mereka relatif adalah orang yang terbuka, berani terbuka untuk hal-hal baru, berani terbuka untuk melakukan cara-cara baru

Banyak sekali memang orang inspiratif di sekitar kita. Bagi saya, orang–orang ini mengingatkan kita untuk turut memberikan warna di dunia. Mereka selalu membuat kita berkata,”Gw juga pasti bisa” atau sesederhana “Pengen banget ngobrol sama dia” atau kalo yang kekinian banget “Pengen deh suatu hari bisa Selfie sama dia” :D 

Figur inspiratif untuk saya adalah mereka yang apabila saya melihatnya seakan- akan saya bisa melihat sebagian diri saya ada di mereka. Baik secara pemikiran ataupun apa yang mereka lakukan : ) Saya senang untuk berfikir dan mengandaikan mereka sebagai “cermin”. Kenapa cermin? Karena selayaknya cermin adalah tempat kita untuk berkaca. Dengan bercermin kita bisa melihat kekurangan kita, kelebihan kita dan yang paling penting dengan melihat cerminan, kita diingatkan akan “Siapa kita”. 

Bayangin aja saat kalian ngaca sebelum pergi keluar rumah, terutama buat yang cewe-cewe nih hehe, pasti kalian bisa melihat apa yang kurang dari cara kalian berpakaian atau rambut yang kurang rapih, atau apabila kalian merasa baju kalian terlalu rapih dan kurang cocok dengan tujuan pergi pasti kalian akan mengkoreksi. Itulah gunanya cermin untuk melihat kembali “penampilan” apakah sudah cukup baik atau belum. 

Tak jarang saat malas menyerang, atau semangat sedang surut saya membuka buku membaca mengenai mereka atau browsing di internet mengenai mereka, apakah itu blog yang berisi pemikiran, melihat kembali karya audio atau visual mereka, video-video yang berkaitan via youtube. Setelah itu, sesaat kembali bara menyala di dada dan teringat akan impian yang ingin diraih. 

Bayangkan dampak seorang inspirator bagi kita, bayangkan kalau banyak? Saya percaya cerminan diri kita tidak hanya ada dalam satu orang, saya percaya untuk menemukan diri kita seutuhnya, haruslah kita bercermin pada banyak orang, alias dalam konteks ini harus punya banyak figur idola, yang selayaknya puzzle dimana bagian-bagian diri kita yang tercermin dari masing-masing mereka apabila disatukan, itulah diri kita. Diri kita adalah manifestasi dari berbagai orang yang kita temui. 

 Dalam konteks ini sangat penting untuk kita memiliki seorang figur yang menginspirasi dan menjadi “teman” dalam usaha dan aktifitas keseharian kita menggapai impian. Bagi saya, terinspirasi oleh seseorang membuat hidup serasa lebih hidup. 

Nah, salah satu yang menjadi inspirasi saya dalam keseharian adalah Andra Alodita.





Kalau ngomongin “cermin” saya ya dia adalah salah satu yang utama. Tak terhitung jumlah waktu yang telah habis kami gunakan untuk berdiskusi tentang bagaimana meraih mimpi di depan, menilai kekurangan dan kelebihan, juga mendukung karir dan passion satu sama lain. Sebelum kami tinggal bersama, telah cukup lama melalui blog-nya saya mengagumi sekian banyak hasil foto dan ternyata setelah mengenal lebih jauh pribadinya dengan segala kekurangan maupun kelebihan mampu membuat saya terinspirasi dan membuka mata untuk tidak pernah menyerah dalam berkarya. Terutama, beberapa waktu belakangan ini dengan segala yang kami lalui, dengan rasa syukur dia mencoba menerima dan berjuang dengan optimis menjalani cobaan yang ada. 

Kurang lebih setahun yang lalu, seorang Andra Alodita menginspirasi saya untuk menulis sebuah lagu yang berjudul “Teristimewa” yang mungkin kalian pernah dengar atau tau lagu ini akhirnya dinyanyikan oleh salah satu teman baik saya, penyanyi yang luar biasa Andien. “Teristimewa” adalah sebuah lagu yang saya dedikasikan untuk semua idola dan orang-orang istimewa yang saya kagumi, yang keberadaan mereka tidak pernah berhenti menginspirasi dan membuat saya mampu menghargai diri saya lebih jauh. By the way sedikit curhat, lagu “Teristimewa” adalah salah satu alasan yang memperkuat keinginan saya untuk meraih mimpi yang lain, yaitu bersolo karir : ) 

Karena tulisan ini saya jadi tergerak untuk menulis kembali daftar orang - orang yang menjadi inspirasi saya. Mungkin kalian juga bisa mulai untuk menuliskan nama-nama figur inspirasi kalian sebagai cermin dan pengingat bahwa mereka adalah orang-orang yang menjadi salah satu alasan dan penyemangat meraih impian. 

Good Luck! 

Abenk Alter

3 comments:

  1. Nice article ka abenk, semenjak baca blog ka alo dan ka abenk dan follow IG juga, kalian menjadi inspirator buat saya. Semoga kalian menjd keluarga yg bahagia dan selalu diberkahi Tuhan. Amin :)

    ReplyDelete

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes