Selamat Ulang Tahun Indonesia

Wednesday, August 17, 2011


Saya mungkin bukan orang yang paling nasionalis, saya mungkin bukan orang yang paling tau tentang Indonesia, saya juga bukan orang yang paling pinter, yang punya pemikiran brilliant yang bisa memajukan Negeri ini. Tapi, saya yakin bahwa rasa cinta, bangga telah terlahir disini, serta menjadi bagian dari satu negara yang luar biasa, tidak akan pernah hilang.



Selama ini jauh di dasar hati, ada keinginan besar untuk dapat memberikan kontribusi, dan melayani dengan sepenuh hati. 
Setiap kali berkunjung ke rumah Kakek, Beliau selalu mengingatkan saya, "Negara ini butuh bantuan, jangan dibenci, berikan pertolongan dengan cinta, dengan semangat mengabdi. Berjuanglah dengan cara kamu, berkaryalah untuk negeri, abdikan diri kamu dengan karya, dengan apa yang kamu bisa, serve your country" . Kata-kata itu tidak pernah hilang dalam diri, hati dan fikiran saya.Yang saya rasain semakin hari rasa itu semakin besar, semakin hari kepercayaan itu semakin tumbuh. Bersyukur banget, melalui show saya di oz radio Jakarta "The Sound of Movement" , saya serasa di recharge dan seakan terus diingatkan serta diberikan bukti, bahwa masih banyak yang peduli terhadap apa yang terjadi di Negara ini dan bukan cuman sebatas peduli, they act, they are doing something, something significant, things that make changes". Satu kata yang mampu mewakili perasaan saya , "Terbakar", if they could do something, why can't i ?, harus ngapain ya ?, apa yang bisa saya bantu ? Perasaan seperti ini yang selalu saya tunggu setiap minggu. Ada yang pernah bilang, "everybody wants to be a part of something". Saya adalah salah satu orang itu, saya selalu ingin menjadi bagian dari orang-orang yang bisa membantu negri ini menjadi negri yang lebih baik lagi dan lebih baik lagi. 

Mungkin masih banyak yang skeptis, itu hak mereka, mungkin mereka punya pengalaman yang membuat mereka trauma dan akhirnya pesimis terhadap Indonesia, dan cuma bisa berkomentar. Tapi saya juga masih percaya, apa kata John F.Kennedy Presiden ke 35 Amerika ,"Dont ask what your country can do for you, but what you can you do for your country." Ngga ada habisnya menyalahkan orang lain (pemerintah, dll)  bersandar pada orang lain dan berharap mereka akan membuat sesuatu yang lebih baik..kenapa ngga mulai dari diri kita? Kenapa ngga kita sendiri yang mulai start to act, do something, instead only criticizing . Kalau tidak salah dalam pidato presiden ke-3 Republik Indonesia Bapak B.J.Habiebie di pidato kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2011 beliau berkata, "Kita sebagai warga negara selalu menuntut hak, tapi sering lupa sama kewajiban sebagai warga negara". Kita sebagai warga negara juga punya tanggung jawab, untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Baik dan buruknya Indonesia ada di tangan semua rakyatnya, bukan sebagian, bukan beberapa. Maka dari itu saya benar-benar kagum dan salut dengan teman-teman baik yang lebih muda, seumur, ataupun lebih senior yang telah melakukan sesuatu yang kongkrit dan memberikan sumbangsih. Couldn't mention each names but you guys truly, are my Inspirations : ) 
Terkadang ada perasaan "malu", suka ngomong sm diri sendiri,"Apa yang udah gw lakuin? Saat lo masih mikirin diri lo sendiri, tuh banyak di luar sana yang udah mikirin orang-orang sekitar, lingkungan, terlebih negara ini".


Tulisan Pak Anies Baswedan yang saya baca beberapa hari ini mengenai janji kemerdekaan, bahwa Republik ini dibangun dengan ikatan janji. Beliau bicara tentang narasi di pembukaan UUD 1945 yang bukan hanya sebagai cita - cita negara, tetapi merupakan janji. Janji adalah kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat. Bagian dari janji - janji itu adalah perlindungan, kesejahteraan, dan pencerdasan untuk setiap anak bangsa. Jadi kita semua diikat dalam satu janji kemerdekaan negara ini, yaitu kesanggupan untuk bersama-sama mewujudkan hal - hal yang disebutin dalam UUD 45. 

Kita adalah warga negara, bagian dari negara. Kalo negara sudah berjanji, ya berarti menjadi bagian tugas kita juga untuk memenuhi janji - janji itu. Rasa-rasanya peringatan kemerdekaan tanggal 17 Agustus, bisa jadi satu momentum yang ngingetin kita untuk terus semangat dalam berjuang memenuhi janji-janji itu, sudah mulai ? Atau masih dalam proses ? Setiap orang punya standart dan caranya masing-masing. Yang jelas saya percaya kebangkitan Indonesia, ada di tangan kita sendiri. Kalo bukan kita siapa lagi? : ) Dan sekarang, setelah mempost tulisan ini juga, pagi hari nanti saya akan ber-upacara di fx. Thanks to Joy 21st Night untuk informasinya, begitu tau ada upacara dari teman baik saya ini, saya merasa sangat butuh untuk datang sebagai usaha mengingatkan diri, bahwa saya juga punya tugas dan andil untuk memenuhi janji tersebut dengan karya dan apapun yang saya bisa, sebagai bakti dan hadiah untuk ibu pertiwi, selamat ulang tahun Indonesia : ) MERDEKA!



Setelah Upacara bareng Deri , Aldo , dan pastinya Joey sebagai pemimpin upacara : )

2 comments:

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes