Trik Untuk Mendapatkan Beasiswa

Monday, January 17, 2011



Sudah lama saya memiliki impian untuk bersekolah atau kuliah ke luar Indonesia. Sebenarnya, keinginan ataupun impian ini sudah lama saya miliki walaupun masih mencari – cari informasi tentang jurusan apa yang saya ingin ambil. Ada sih beberapa. tapi untuk sementara ini yang saya inginkan adalah “Creative & Cultural Industrie” Kenapa? akan saya bahas di blog yang lain : ) pengennya sih di London, haha. Nahh, Artikel ini saya ambil dari KOMPAS, cukup membantu saya dalam mengingat akan adanya “persiapan” dalam usaha mendapatkan beasiswa.
Semoga bermanfaat : )

MENANGKAN BEASISWA UNTUK MENGGAPAI IMPIAN
Senin, 24 Mei 2010 | 17:02 WIB
KOMPAS.com — Ingin tahu kunci sukses mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri? Atau Anda bertanya-tanya, sepintar apakah mereka yang berhasil menempuh dan menyelesaikan pendidikan dengan beasiswa?
Faktanya, mereka yang “memenangkan” beasiswa belum tentu memiliki kualitas luar biasa melebihi Anda. Namun, kunci keberhasilannya mungkin terletak pada strategi cermat dan tepat sasaran.
Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, inilah saatnya berjuang untuk mendapatkan beasiswa dengan beberapa tips berikut yang bisa menginspirasi.
Persiapan matang
Keinginan mendapatkan beasiswa harus diimbangi dengan semangat untuk mempersiapkan segalanya dengan maksimal. Pertama, siapkan surat rekomendasi diri dari guru, dosen, pimpinan, atau pihak-pihak yang mengetahui kualitas dan kinerja Anda sebagai salah satu poin pendukung yang pasti akan dibutuhkan nantinya.
Kedua, jadilah pribadi yang aktif dan rajin mengikuti berbagai kegiatan baik di sekolah, kampus, maupun tempat ibadah.
Bila memungkinkan, Anda juga bisa berpartisipasi di berbagai kegiatan sosial, lingkungan, dan aktivitas lain yang memperkaya pengalaman serta jejaring Anda. Kaya pengalaman dan informasi tentu menjadi nilai plus yang sangat berharga.
Ketiga, mulailah menulis dan menyusun esai yang jelas, padat, lengkap, dan efektif mengenai tujuan dan target yang ingin Anda raih. Sisipkan pula berbagai hal yang unik dan istimewa dalam diri Anda. Pasalnya, gambaran tersebut akan sangat berguna bila nantinya diminta oleh pemberi beasiswa.
Keempat, persiapkan seluruh pelengkap dan peralatan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri, seperti foto, map, dan binder. Tujuannya tentu untuk menata dan mengatur semua materi yang akan dipakai agar tidak terpencar-pencar.
Jangan lewatkan semua dokumen berharga, seperti akta kelahiran, ijazah, dan transkrip nilai.
Terorganisasi
Bila semua persiapan dianggap sudah memadai, mulailah “berburu” informasi beasiswa sebanyak-banyaknya. Namun, seleksi dengan baik mana saja yang sesuai dengan kriteria dan harapan Anda.
Bila mengalami kesulitan, jangan segan untuk berkonsultasi dengan agen atau lembaga yang melayani pencarian beasiswa. Awali target Anda dengan mencari beasiswa lokal karena lebih mudah digapai, baru kemudian menjajaki kemungkinan beasiswa internasional.
Seleksi dan catat beberapa yang sesuai dengan diri Anda, lengkap dengan berbagai informasi mengenai sekolah atau lembaga yang memberikan beasiswa tersebut. Setelah itu, baca seluruh syarat yang diperlukan agar tidak ada yang nantinya terlewatkan. Lalu, segera daftarkan diri karena banyak beasiswa sangat menekankan pada deadline yang tepat.
Akhirnya, selalu ingat bahwa banyak lembaga atau instansi pendidikan yang memilih calon-calon penerima beasiswa yang memiliki keunikan dan keistimewaan. Artinya, tak sekadar nilai akademik yang memuaskan saja, tetapi juga kemampuan dan keahlian menarik lainnya.
Anda harus mampu mempresentasikan dan menunjukkan nilai lebih dalam diri agar “terlihat” oleh para pemberi beasiswa. Maka, segeralah berjuang untuk meraih semua impian dengan beasiswa yang membanggakan. (RAN)

No Comments

Post a Comment

OBLIVIATE © 2017
Template by Blogs & Lattes